Kamis, 13 Desember 2012

PEMBUKUAN

07 DESEMBER 2012
@adharta.com

Sebuah pekerjaan besar bisa gagal hanya karena salah pembukuannya.
 
wpid-pembukuan0612
Semua perencanaan sudah dibuat bagus sekali, mulai dari feasibilty study, planning dan organizingnya semua sempurnalah sudah, tetapi cash flow menjadi kendala, karena laporan pembukuan tidak benar. Sebuah perusahaan berada dalam kondisi lampu merah apabila direktur keuangannya tidak benar. Yang lebih parah lagi kalau manajemennya tidak care atau tidak ada perhatian terhadap masalah keuangan. Muara dari semua usaha akan keluar dari sumber keuangan. Jadi, kalau sumbernya tidak ditata secara baik maka hasilnya semua akan tidak baik. Kejatuhan perusahaan Lehman Brothers Holdings. Inc. di Amerika beberapa tahun lalu bukan karena masalah operasionalnya, karena semua operasinya sudah ditangani oleh para pakar usaha terutama juga bidang investment, properti dan keuangan. Laporan keuangan di tahun 2007 menyebutkan suatu keuntungan yang signifikan bahkan CEOnya Mr. Richard S. Fuld Jr. mengatakan bahwa mereka bisa membeli dunia.
Tetapi apa yang terjadi setahun kemudian tepatnyaa 20 September 2008, Lehman Brothers Holdinginc. dinyatakan bankcrupt, dan mereka runtuh bak bangunan roboh dan meninggalkan korban cukup besar sekali.
Mengapa pembukuan demikian penting dalam perusahaan, saya mengibaratkannya sebagai parameter, indikator atau dimobil di dashboard kita bisa melihat berapa banyak saldo bensin kita, jadi kalau mau jalan jauh sudah diprediksi sampai dimana, atau dimana akan refueling sampai ketempat tujuan.
Bagaimana dengan kehidupan kita sehari-hari pembukuan apa yang kita buat, tentu bukan keuangan yang saya maksud, tetapi pembukuan tentang kehidupan kita, apa yang telah kita buat dan apa yang akan kita buat, berbahagialah kita semua karena kalau kita terlalu banyak hutang “dosa” kini tiba saatnya masa adven kita bisa melunasinya dengan minta ampun dan mengaku dosa. Lunaslah sudah dan kita membuat pembukuan baru lagi di tahun 2013.

1 komentar:

  1. Pembukuan adalah catatan keluar masuknya keuangan, dengan adanya pembukuan kita dapat mengatur dan mengetahui kondisi keuangan yang terjadi.

    Banyak orang yang menganggap remeh atau sepele dalam hal pembukuan ( dianggap tidak penting ), padahal dengan adanya pembukuan kita dapat mengontrol/mengendalikan keuangan kita.

    Pembukuan tidak hanya untuk mengatur keuangan saja, tetapi juga bisa dalam kehidupan kita, dengan adanya pembukuan di dalam kehidupan sehari-hari bermanfaat untuk mengatur kedisplinan dalam diri kita tanpa kita sadari.

    BalasHapus