Kamis, 13 Desember 2012

MENCARI

05 DESEMBER 2012
@adharta.com

Siapa yang punya akan diberi, siapa yang tidak punya akan diambil, kecuali kalau dia mencari

1291617197IWUcOLSaya menuju kota Bandung ingin jumpa seorang sahabat, dosen di Universitas Trisakti, beliau juga dosen di ITB. Saat tiba di kompleks perumahannya, lalu kami mencari rumahnya Blok O. Tetapi setiap kali kami cari Blok O, selalu ditunjukkan Blok U. Ketiga kali kami cari putar-putar kembali tetap kami ditunjuk blok U. Akhirnya kami memberi tanda dengan jari tangan, menunjuk huruf O. Barulah mereka mengerti itu bukan O, tetapi OOO (dialeg Sunda). Dan akhirnya kami sadar bahwa ada kekeliruan dalam menyebutkan O dalam dialeg Sunda, kami hanya bisa tersenyum karena alamat yang dicari sudah ditemukan.
Aku di kantor memiliki tenaga ahli dalam bidang pemasaran. Kerjanya setiap hari mencari, mencari dan mencari order untuk perusahaan berupa proyek atau pekerjaan lainnya. Kepada mereka ditanamkan apa yang harus dicari! Karena selain kita mencari apa yang diinginkan perusahaan sering yang diperoleh tidak sesuai dengan apa yang diharapkan karena adanya miskomunikasi atau adanya distorsi bahasa dan hal-hal lain seperti kendala waktu, biaya dan usaha lainnya.
Mencari boleh dibilang menjadi kegiatan siapa saja, terutama buat para pemuda-pemudi, yang mencari pasangan hidup. Ada yang sampai putus asa dan pasrah. Kisah Novel Arjuna mencari Cinta sangat inspiratif buat para muda-mudi karena ada baiknya ada juga buruknya. Orang bilang jodoh di tangan Tuhan. Ada yang bilang jodoh ditangan hansip. Ada juga bilang jodoh ya dijodohkan kaya kisah Siti Nurbaya. Satu hal bahwa kita memang harus mencari, terserah jodoh atau tidak jodoh kita tetap harus mencari. No Pass No Chance, istilah dalam pukulan puter Golf.
Siapa yang punya akan diberi, yang tidak punya akan diambil. Agak aneh buat pendengaran normal. Tapi bagi siapa yang sudah biasa mencari maka akan mengerti maknanya. Punya atau memiliki di sini artinya punya niat baik, semangat, kepekaan, kebaikan, ketulusan, kemauan keras dan tiidak lupa kawan. Kalau tidak punya teman jangan harap bisa mendapat sekalipun cari keujung dunia.
Maka kepadanya akan diambil, yakni lelah, putus asa, kesedihan, kehilangan gairah, hidup tanpa suka cita.
Kita juga dari hari ke hari harus mencari Tuhan walau sebenarnya Tuhan sudah mencari kita sebelum kita mencari-NYA, tetapi bukan berarti kita bisa menemukan-Nya begitu saja. Kita harus punya hati yang bersih, niat dan cinta. Jalan yang kita cari menuju Tuhan tidak selalu mulus, melainkan banyak distorsi dan hambatan. Semoga mulai hari ini kita semua belajar mencari, mencari dan mencari.
Aku sendiri mau mencari damai sejahtera bersama sahabatku semua Tuhan memberkati, menyayangi dan melindungi kita semua.

1 komentar:

  1. "Carilah, maka kamu akan mendapatkannya"

    Pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita kalimat itu. Memang benar apa yang dikatakanNya, segala sesuatu hal apa yang kita inginkan harus lah berusaha ( mencari ) untuk mendapatkannya.

    Tidak dengan cara memikirkan/menghayalkannya lalu datang begitu saja, seperti artikel di atas bilang "No Pass No Chance", siapa yang punya diberi, yang tidak punya akan diambil ;)

    BalasHapus